INFO SEKOLAH HUBUNGI

0251-8617795

Jalan Raya Curug RT.001, RW.006 Kode Pos 16517

BERITA

POLTEKES JAKARTA 1 MENGENALKAN JURUSAN ORTOTIK PROSTETIK

POLTEKES JAKARTA 1 MENGENALKAN JURUSAN ORTOTIK PROSTETIK

SMAN 10 Depok – Poltekes Jakarta 1 mengenalkan jurusan ORTOTIK PROSTETIK kepada kelas XI MIPA SMAN 10 Depok pada Rabu (6/3). Pada paparannya dijelaskan  pengertian Ortotik Prostetik adalah ilmu keteknisian medis yang mempelajari tentang pelayanan, pengukuran, pembuatan, pemeriksaan dan pengepasan alat bantu dan alat penguat serta alat ganti anggota gerak tubuh manusia yang tidak berfungsi, hilang atau disabilitas. Dalam ilmu ini masih dibagi lagi, bahwa ortotik itu meliputi ilmu tentang alat penguat anggota gerak tubuh atas maupun bawah yang lemah sehingga dapat dikoreksi sedangkan prostetik adalah ilmu tentang alat pengganti anggota gerak atas maupun bawah pada manusia. Sehingga dengan sebutan mudahnya, seorang Opist itu membuat kaki atau tangan tiruan dan juga alat penguat, contohnya bagi pasien yang teramputasi baik anggota gerak atas maupun bawah dan juga bagi pasien lumpuh sehingga untuk membantu sebisa mungkin melakukan kegiatan sehari-hari dengan nyaman.

Di Indonesia ilmu Ortotik Prostetik menjadi salah satu jurusan yang dapat diambil sebagai jurusan perkuliahan di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta 1. Pada jurusan ini pengunaan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia menjadi penting, termasuk dalam perkuliahannya. Jadi , dengan begitu, yang dulunya masih sangat sedikit tenaga medis Ortotik Prostetik dengan semakin berkembangnya zaman kurangnya tenaga kerja medis Ortotik Prostetik sudah mulai terisi dan semakin diminati, karena selain ilmu ini unik yaitu mempelajari ilmu medis dan teknik, sekarang banyak rumah sakit yang membuka lowongan pekerjaan untuk seorang Ortotis Prostetis.

Melalui informasi yang dipresentasi perwakilan mahasiswa jurusan Ortotik prestotik diharapkan dapat memperluas wawasan dan informasi peserta didik khususnya jurusn MIPA sebagai salah satu referensi dan pilihan di perguruan tinggi nanti. (aal)

KOMENTAR

BERITA LAINNYA Indeks